Masuk kedokteran, Rasionalkah?

Alhamdulilah, akhirnya dapat juga gelar dokternya, wah rasanya 2 tahun nge-Coass dan 4 tahun kuliah itu bukan main rasanya, terima kasih nyak dan babe yang udah nyekolahin anaknya ini jadi dokter, Insyallah ilmu yang udah ada bakalan adinda pakai untuk kepentingan keluarga dan masyarakat.

wah banyak ni yang mau saya share..

mulai dari mana ya?

karena ini edisi penutupan dari pendidikan dokter, saya uraikan aja deh gimana awal sampai akhir saya berada di lingkungan kedokteran ini kawan kawan kalau mau nanya monggo dipersilahkan
nanti akan saya jawab sebisa saya
Saat berjalan menuju rumah sakit
oke jadi kita mulai ya, siap? pake sabuk pengaman jangan lupa (lol)

Pengalaman kuliah 
Awalnya sebelum saya masuk ke kedokteran itu dimulai dari SMA, karena masuk ke bidang IPA di kelas 2 SMA jadi otomatis wilayah kuliah saya maunya nnti di dbidang IPA juga, (ya setidaknya itu yang saya pikir dlunya)

setelah saya masuk ke dunia kuliah ternyata tidak seperti itu, bnyak kok anak IPA masuk ke bidang IPS kayak Ekonomi, Akutansi, Stan, STIS, dan mereka pada mumpuni semua, kenapa saya tau? karena teman2 akrab saya waktu SMA pada masuk ke sana semua
Tapi karena tekad, di keluarga belum ada dokter, keluarga besar juga belum ada, maka saya mencoba untuk masuk ke dunia ini. Alhamdulilah, waktu ujian UMB (ujian masuk bersama) yang di adakan di Universitas Metodist medan (waktu itu ujianya disitu) saya dinyatakan lulus.

Tapi tau gk apa masalahnya? 

Masalahnya itu saya ngepilih tempat di Banda Aceh dalam pikiran saya, "Mau tinggal dimana nanti?" keluarga disana nggak ada, temen juga gk ada. Kalau nggak salah saya milih Banda Aceh karena ingin pendidikan agama saya juga terjaga, tapi pas sudah di terima saya bingung. Alhamdulilah berkat pertolongan Allah, saya bertemu dengan teman saya yang kebetulan ngambil fakultas Kimia di Unsyiah, akhirnya bareng nebeng dengan keluarganya ke Banda Aceh dan sama2 mencari tempat kos.

Pelajaran pertama : Jangan takut menghadapi tempat baru, karena jika Allah mengizinkan pasti kita di bantu

Tahun pertama saya disana sangat membuat hati saya jenuh di Banda Aceh itu gk ada mall dlunya, bioskop juga gak ada, yang ada cuman warkop, banyanginlah saya yang dulunya tinggal di Medan sering bgt jalan2 sama nonton bioskop, sampe sana cuman tebengong aja di kamar gk tau kemana. 
Hampir setiap 2 bulan saya balik ke medan karena kejenuhan hati yang saya rasakan, tapi itu semua perlahan-lahan menghilang sendirinya

Tapi disana walaupun gak ada mall atau bioskop, tempat wisatanya banyak loh! kayak pantai lampuuk, pasir putih dan sabang, nanti di post lain saya bakal cerita soal ini

Tahun pertama juga dsna ada pengenalan, tapi mantapnya FK UNSYIAH ini gk ada Ospek... beneran ni, gk ada! ^_^ jadi karena itu beban masuk perkuliahan agak sering berkurang. 

Selama tahun pertama dan tahun kedua kami semua mahasiswa FK Unsyiah di fokuskan buat belajar-belajar dan belajar, semua serba mandiri. Jadi bener kalau di bilang Kuliah itu beda sama SMA. SMA mah kita di suap sama pelajar, pas kuliah? ya cari sendiri. Itu dosen manada nyuruh2 banget buat belajar

Di FK ini juga banyak bener buku-buku yang harus di baca (beneran) jadi kalau kamu gk suka baca, saran saya jangan masuk FK deh, sayang ntar gk bisa ngikutin kuliahnya. Tapi, buat kamu yang seneng baca tapi gk da uang buat beli buku, itu gk masalah. Perpustakaan FK dan Universitas banyak bener buku-buku bagus, jadi kamu gk perlu beli.

Oh iya nanti pas awal-awal masuk FK ada aja tu yang jualan CD atau buku kesehatan, saran saya jangan beli semua satu paket. Satu-satu aja, jadi tau mana yang penting dan enak di baca. Well, gk semua buku kedokteran itu bagus, jadi perlu jeli juga buat milihnya

Pelajaran kedua : Everything is up to u, kamu mau pinter, mau malas mau bodoh (maaf) semua terserah sama pribadi masing-masing, saran saya prioritaskan belajar

Tahun ketiga kami semua sudah mulai ada penerimaan asisten dosen dan alhamdlulilah saya keterima sebagai asisten dosen Histologi Fk Unsyiah, selain bisa ngajar dan ngulang2 ilmu, jadi asisten dosen ini juga di bayar, jadi bisa nambah-nambah uang jajan. 

Tahun ke empat kami sudah di fokuskan untuk proposal dan skripsi. Skripsi itu ibarat terminal akhir kuliah, tapi ngerjain awalnya wadeh, malas banget karena gk tau mulai dari mana. Walaupun ada juga materi dari kampus seputar gimana cara nyelesaikan skripsi. Saran saya kalau skripsi ini banyak2 nanya dosen sama senior dan jangan dipendam2 mulu ntar gk bakalan kelar. Alhamdulilah karena temen seperjuangan asisten dosen histo pada rajin-rajin semua, saya juga ikut-ikutan dan bisa nyelesaikan skripsi dalam waktu 5 bulan.

Pelajaran ketiga : Kalau malas deket2 sma orang yang rajin, Insyallah bakalan ikut-ikutan rajin

Akhirnya setelah empat tahun kuliah, saya Koas juga (Horay!)

nah jadi kawan bisa ngerangkum ni empat tahun kuliah, belajar abis2an, biaya yang banyak buat beli buku dan materi kuliah, kalau sanggup silahkan masuk kedokteran. Kalau nggak sanggup, mikir2 dulu deh jangan nnti uda nyemplung tapi gk bisa berenang. hehe

Pengalaman Koas (dibaca Ko-As)

koas, huft, kata-kata ini berat, beneran, karena selama fase ini kami dituntut buat jadi ajudan dokter dan mengerjakan tugas harian yang bisa dimulai dari jam 6 pagi sampai jam 6 pagi selanjutnya.

koas itu beda banget sama kuliah, mulai dari cara belajarnya, cara makannya, cara mandinya, cara bangunnya, pokoknya beda deh, jadi tubuh disuruh bikin irama sinkardian baru (bingung ya? lol) kenapa saya bilang gtu? di koas itu susah banget mau ngapain aja, karena mulai dari pagi smpe selesai ada aja tugas

jadi saran saya sebelum masuk koas, mantepin tu materi2 di kuliah, trust me kuliah itu bekal kamu bener buat fase ini, di koas ini juga mental kalian di tempa, gk cuman jadi dokter sama belajar yang di latih disini, di beberapa bagian kamu tu tidak boleh tidur kalau bertugas, contohnya kalau jaga igd di bagian bedah. Kalau uda jaga, siap2 lah di bgian itu kamu pasti bakalan mata panda

pada fase awal koas ini saya sangat menyarankan buat kamu-kamu untuk mencari temen-temen yang loyal, cari yang pinter satu dua orang aja gk perlu banyak, kenapa? karena kalau temenya gk pas bakalan cekcok nntiya waktu bertugas, gk semua tugas koas itu bisa di kerjakan satu individu, terkandang perlu bantuan dari orang lain, banyangin aja pas kamu jaga ruangan, kamu disuruh manggul satu orang koas ke IGD buat cek pasien sama konsulen, kalau kawan kamu ngaco kayak BB (buang badan ; ilang gk tau kemana dianya) sapa coba yang ke IGD? kalau telat kena marah ntar sma konsulen, makanya mesti bener-bener cari temen

Pelajaran ke empat : Prioritaskan cari temen yang loyal, bukan pintar

nanti waktu koas kami bakalan masuk ke stase ini:
--kulit
--paru
--jiwa
--jantung
--bedah
--tht
--mata
--obgyn
--anastesi
--forensik
--saraf
--radiologi
--ipd
--anak

nanti bakalan di rolling sama dokter penanggung jawab koasnya, jadi kita gk tau kita nanti masuk dimana, prinsipnya sama, dimana pun kita masuk, mesti bisa!

tapi di koas inilah jiwa seorang dokter itu dibentuk, seseorang nggk akan bisa memahami bagaimana berempati dengan pasien kalau belum masuk ke fase ini, sewaktu kuliah kami cuma diajarkan tapi belum tau apa itu empati

di fase ini juga seseorang dibentuk sedemikian rupa agar bisa rendah hati, tidak sombong serta memprioritaskan kesehatan masyrakat dibandingkan diri sendiri

jadi kalau ditanya koas itu perlu? jelas perlu gk ada koas individu itu gk akan bisa menjadi seorang dokter yang diinginkan masyrakat, karena nempah mental itu gk bsa sehari dua hari, 2 tahun itu saya rasa sudah cukup agar bisa menanamkan jiwa2 kemanusiaan

selama koas juga kamu dituntut mesti baik secara perfomance dan juga attitude keduanya memiliki peran penting mengenai nilai kamu ntar. Ingat! kalau gk lulus kamu mesti ngulang stase itu di akhir stase nantinya, artinya 2 tahun nge-koas baru bisa ngulang, jadi kalau bisa jangan sampe ngulang

akhirnya setalah ngekoas lama, saya dihadpkan dengan UKMPPD (Ujian Kompetensi Pendidikan Profesi Dokter), fase ini juga penting, karena kalau gak lulus koas tadi gak bisa praktek, karena belum di akui oleh IDI melalui ujian ini

Ujian ini juga banyak tantanganya, beberapa dari kami memilih les di tempat lain untuk mengulang-ngulang pelajaran seputar ilmu kedokteran

kalau saya kemarin les di klinik UKDI Banda Aceh, bukan mau promo, tapi bagus kok materinya, soalnya pelajaran-pelajaran yang dikasi ngulang materi dari awal. 

Selama kurang lebih 2 bulan hidup saya diprioritaskan untuk melahap semua ilmu kedokteran yang saya pelajari selama 6 tahun, bangun baca buku smpe sore, malam bahas dengan temen-temen seputar soal-soal yang bakalan keluar sampai akhirnya ujian UKMPPD berlangsung

Nah coba rasain dan resapin,, jalan dokter ini panjang, 6 tahun pendidikan dulu baru bisa dokter, pertanyaanya sekarang sampe sini sanggup? kalau sanggup silahkan masuk, kalau nggak dan orang tua punya duit, bagusan masuk ekonomi aja jadi pengusaha. Mudah2an kalau kamu merasa sanggup, oritentasi kamu gk soal duit, karena nanti kamu bakalan kecewa dengan gaji yang kamu dapat setelah kamu jadi dokter umum, kecuali dokter umum yang mau di tempatin di wilayah pinggiran, yaitu bagian perbatasan Indonesia, Indonesia bagian tengah dan Indonesia bagian timur.

Nah itu seputar dunia kedokteran yang sudah saya rasakan, cuman itu aja dok?
nggak donk, masih panjang, apalagi pengalaman koasnya
kalau mau tau lebih tau, silahkan taruh komentar anda di bawah ini ...



4 comments:

Elfahra Casanza Amalda mengatakan...

Mantap kak kerennn

My blog mengatakan...

terima kasih sudah datang dan membaca :)

Unknown mengatakan...

Kalo dibayangkan 6 tahun lelah kayaknya. Dijalanin aja Lillahi taala. Ga berasa

My blog mengatakan...

iya, benar kak

Posting Komentar

 
;