0 comments

Masuk kedokteran? Rasional kah ?

Alhamdulilah, akhirnya dapat juga gelar dokternya, wah rasanya 2 tahun nge-Coass dan 4 tahun kuliah itu bukan main rasanya, terima kasih nyak dan babe yang udah nyekolahin anaknya ini jadi dokter, Insyallah ilmu yang udah ada bakalan adinda pakai untuk kepentingan keluarga dan masyarakat.

wah banyak ni yang mau saya share..

mulai dari mana ya?

karena ini edisi penutupan dari pendidikan dokter, saya uraikan aja deh gimana awal sampai akhir saya berada di lingkungan kedokteran ini ^_^ kawan kawan kalau mau nanya monggo dipersilahkan
nanti akan saya jawab sebisa saya

oke jadi kita mulai ya, siap? pake sabuk pengaman jangan lupa (lol)

Pengalaman kuliah 
Awalnya sebelum saya masuk ke kedokteran itu dimulai dari SMA, karena masuk ke bidang IPA di kelas 2 SMA jadi otomatis wilayah kuliah saya maunya nnti di dbidang IPA juga, (ya setidaknya itu yang saya pikir dlunya)

setelah saya masuk ke dunia kuliah ternyata tidak seperti itu, bnyak kok anak IPA masuk ke bidang IPS kayak Ekonomi, Akutansi, Stan, STIS, dan mereka pada mumpuni semua, kenapa saya tau? karena teman2 akrab saya waktu SMA pada masuk ke sana semua
Tapi karena tekad, di keluarga belum ada dokter, keluarga besar juga belum ada,vmaka saya mencoba untuk masuk ke dunia ini. Alhamdulilah, waktu ujian UMB (ujian masuk bersama) yang di adakan di Universitas Metodist medan (waktu itu ujianya disitu) saya dinyatakan lulus.

Tapi tau gk apa masalahnya? 

Masalahnya itu saya ngepilih tempat di Banda Aceh dalam pikiran saya, "Mau tinggal dimana nanti?" keluarga disana nggak ada, temen juga gk ada. Kalau nggak salah saya milih Banda Aceh karena ingin pendidikan agama saya juga terjaga, tapi pas sudah di terima saya bingung. Alhamdulilah berkat pertolongan Allah, saya bertemu dengan teman saya yang kebetulan ngambil fakultas Kimia di Unsyiah, akhirnya bareng nebeng dengan keluarganya ke Banda Aceh dan sama2 mencari tempat kos.

Pelajaran pertama : Jangan takut menghadapi tempat baru, karena jika Allah mengizinkan pasti kita di bantu

Tahun pertama saya disana sangat membuat hati saya jenuh di Banda Aceh itu gk ada mall dlunya, bioskop juga gak ada, yang ada cuman warkop, banyanginlah saya yang dulunya tinggal di Medan sering bgt jalan2 sama nonton bioskop, sampe sana cuman tebengong aja di kamar gk tau kemana. 
Hampir setiap 2 bulan saya balik ke medan karena kejenuhan hati yang saya rasakan, tapi itu semua perlahan-lahan menghilang sendirinya

Tapi disana walaupun gak ada mall atau bioskop, tempat wisatanya banyak loh! kayak pantai lampuuk, pasir putih dan sabang, nanti di post lain saya bakal cerita soal ini

Tahun pertama juga dsna ada pengenalan, tapi mantapnya FK UNSYIAH ini gk ada Ospek... beneran ni, gk ada! ^_^ jadi karena itu beban masuk perkuliahan agak sering berkurang. 

Selama tahun pertama dan tahun kedua kami semua mahasiswa FK Unsyiah di fokuskan buat belajar-belajar dan belajar, semua serba mandiri. Jadi bener kalau di bilang Kuliah itu beda sama SMA. SMA mah kita di suap sama pelajar, pas kuliah? ya cari sendiri. Itu dosen manada nyuruh2 banget buat belajar

Di FK ini juga banyak bener buku-buku yang harus di baca (beneran) jadi kalau kamu gk suka baca, saran saya jangan masuk FK deh, sayang ntar gk bisa ngikutin kuliahnya. Tapi, buat kamu yang seneng baca tapi gk da uang buat beli buku, itu gk masalah. Perpustakaan FK dan Universitas banyak bener buku-buku bagus, jadi kamu gk perlu beli.

Oh iya nanti pas awal-awal masuk FK ada aja tu yang jualan CD atau buku kesehatan, saran saya jangan beli semua satu paket. Satu-satu aja, jadi tau mana yang penting dan enak di baca. Well, gk semua buku kedokteran itu bagus, jadi perlu jeli juga buat milihnya

Pelajaran kedua : Everything is up to u, kamu mau pinter, mau malas mau bodoh (maaf) semua terserah sama pribadi masing-masing, saran saya prioritaskan belajar

Tahun ketiga kami semua sudah mulai ada penerimaan asisten dosen dan alhamdlulilah saya keterima sebagai asisten dosen Histologi Fk Unsyiah, selain bisa ngajar dan ngulang2 ilmu, jadi asisten dosen ini juga di bayar, jadi bisa nambah-nambah uang jajan. 

Tahun ke empat kami sudah di fokuskan untuk proposal dan skripsi. Skripsi itu ibarat terminal akhir kuliah, tapi ngerjain awalnya wadeh, malas banget karena gk tau mulai dari mana. Walaupun ada juga materi dari kampus seputar gimana cara nyelesaikan skripsi. Saran saya kalau skripsi ini banyak2 nanya dosen sama senior dan jangan dipendam2 mulu ntar gk bakalan kelar. Alhamdulilah karena temen seperjuangan asisten dosen histo pada rajin-rajin semua, saya juga ikut-ikutan dan bisa nyelesaikan skripsi dalam waktu 5 bulan.

Pelajaran ketiga : Kalau malas deket2 sma orang yang rajin, Insyallah bakalan ikut-ikutan rajin

Akhirnya setelah empat tahun kuliah, saya Koas juga (Horay!)

nah jadi kawan bisa ngerangkum ni empat tahun kuliah, belajar abis2an, biaya yang banyak buat beli buku dan materi kuliah, kalau sanggup silahkan masuk kedokteran. Kalau nggak sanggup, mikir2 dulu deh jangan nnti uda nyemplung tapi gk bisa berenang. hehe

Pengalaman Koas (dibaca Ko-As)

koas, huft, kata-kata ini berat, beneran, karena selama fase ini kami dituntut buat jadi ajudan dokter dan mengerjakan tugas harian yang bisa dimulai dari jam 6 pagi sampai jam 6 pagi selanjutnya.

koas itu beda banget sama kuliah, mulai dari cara belajarnya, cara makannya, cara mandinya, cara bangunnya, pokoknya beda deh, jadi tubuh disuruh bikin irama sinkardian baru (bingung ya? lol) kenapa saya bilang gtu? di koas itu susah banget mau ngapain aja, karena mulai dari pagi smpe selesai ada aja tugas

jadi saran saya sebelum masuk koas, mantepin tu materi2 di kuliah, trust me kuliah itu bekal kamu bener buat fase ini, di koas ini juga mental kalian di tempa, gk cuman jadi dokter sama belajar yang di latih disini, di beberapa bagian kamu tu tidak boleh tidur kalau bertugas, contohnya kalau jaga igd di bagian bedah. Kalau uda jaga, siap2 lah di bgian itu kamu pasti bakalan mata panda

pada fase awal koas ini saya sangat menyarankan buat kamu-kamu untuk mencari temen-temen yang loyal, cari yang pinter satu dua orang aja gk perlu banyak, kenapa? karena kalau temenya gk pas bakalan cekcok nntiya waktu bertugas, gk semua tugas koas itu bisa di kerjakan satu individu, terkandang perlu bantuan dari orang lain, banyangin aja pas kamu jaga ruangan, kamu disuruh manggul satu orang koas ke IGD buat cek pasien sama konsulen, kalau kawan kamu ngaco kayak BB (buang badan ; ilang gk tau kemana dianya) sapa coba yang ke IGD? kalau telat kena marah ntar sma konsulen, makanya mesti bener-bener cari temen

Pelajaran ke empat : Prioritaskan cari temen yang loyal, bukan pintar

nanti waktu koas kami bakalan masuk ke stase ini:
--kulit
--paru
--jiwa
--jantung
--bedah
--tht
--mata
--obgyn
--anastesi
--forensik
--saraf
--radiologi
--ipd
--anak

nanti bakalan di rolling sama dokter penanggung jawab koasnya, jadi kita gk tau kita nanti masuk dimana, prinsipnya sama, dimana pun kita masuk, mesti bisa!

tapi di koas inilah jiwa seorang dokter itu dibentuk, seseorang nggk akan bisa memahami bagaimana berempati dengan pasien kalau belum masuk ke fase ini, sewaktu kuliah kami cuma diajarkan tapi belum tau apa itu empati

di fase ini juga seseorang dibentuk sedemikian rupa agar bisa rendah hati, tidak sombong serta memprioritaskan kesehatan masyrakat dibandingkan diri sendiri

jadi kalau ditanya koas itu perlu? jelas perlu gk ada koas individu itu gk akan bisa menjadi seorang dokter yang diinginkan masyrakat, karena nempah mental itu gk bsa sehari dua hari, 2 tahun itu saya rasa sudah cukup agar bisa menanamkan jiwa2 kemanusiaan

selama koas juga kamu dituntut mesti baik secara perfomance dan juga attitude keduanya memiliki peran penting mengenai nilai kamu ntar. Ingat! kalau gk lulus kamu mesti ngulang stase itu di akhir stase nantinya, artinya 2 tahun nge-koas baru bisa ngulang, jadi kalau bisa jangan sampe ngulang

akhirnya setalah ngekoas lama, saya dihadpkan dengan UKMPPD (Ujian Kompetensi Pendidikan Profesi Dokter), fase ini juga penting, karena kalau gak lulus koas tadi gak bisa praktek, karena belum di akui oleh IDI melalui ujian ini

Ujian ini juga banyak tantanganya, beberapa dari kami memilih les di tempat lain untuk mengulang-ngulang pelajaran seputar ilmu kedokteran

kalau saya kemarin les di klinik UKDI Banda Aceh, bukan mau promo, tapi bagus kok materinya, soalnya pelajaran-pelajaran yang dikasi ngulang materi dari awal. 

Selama kurang lebih 2 bulan hidup saya diprioritaskan untuk melahap semua ilmu kedokteran yang saya pelajari selama 6 tahun, bangun baca buku smpe sore, malam bahas dengan temen-temen seputar soal-soal yang bakalan keluar sampai akhirnya ujian UKMPPD berlangsung

Nah coba rasain dan resapin,, jalan dokter ini panjang, 6 tahun pendidikan dulu baru bisa dokter, pertanyaanya sekarang sampe sini sanggup? kalau sanggup silahkan masuk, kalau nggak dan orang tua punya duit, bagusan masuk ekonomi aja jadi pengusaha. Mudah2an kalau kamu merasa sanggup, oritentasi kamu gk soal duit, karena nanti kamu bakalan kecewa dengan gaji yang kamu dapat setelah kamu jadi dokter umum, kecuali dokter umum yang mau di tempatin di wilayah pinggiran, yaitu bagian perbatasan Indonesia, Indonesia bagian tengah dan Indonesia bagian timur.

Nah itu seputar dunia kedokteran yang sudah saya rasakan, cuman itu aja dok?
nggak donk, masih panjang, apalagi pengalaman koasnya
kalau mau tau lebih tau, silahkan taruh komentar anda di bawah ini ...



Read More..
0 comments

Coass?

Well well well...
Long time no see guys, akhirnya gua masuk ke dalam cycle kehidupan calon dokter lainya apa itu ? Yap itu merupakan fase kehidupan dimana seorang calon dokter dipaksa untuk bekerja sepenuh hati sekitar 12 - 24  hours in a day!! , bayangin tekadang gk bisa pulang dan nginep di rumah sakit bahkan hampir setiap hari. ketika seorang dokter muda (DM) yang di tuntut untuk seiklashnya memberikan pelayanan prima tanpa terkecuali terhadap setiap orang yang masuk ke pintu IGD atau Poliklinik yang nantinya bakal menjadi calon dari pasien DM tersebut.
Jujur gua bilangin , awalnya masuk ke fase ini gk semudah yang di bayangkan, dulunya ketika kuliah yang hanya perlu kita fokuskan cuma berupa akademik, kerjain laporan, tugas , belajar , dah selesai klo sekarang kita juga mesti belajar gimana caranya ngambil hati teman sekelompok,  pasien bahkan konsulen, bayangin... selama 12 - 24 jam itu kita harus bisa tersenyum secara pasif dan menata kalimat sebaik2nya agar tidak ada yang sakit hati dan agar yang paling penting nggk di tandai sama konsulen...
Wah....
Stase pertama gua jadi DM bisa lu bayangin, yang awalnya nyantai2 aja pas mahasiswa jadi ikut terbawa2 pas bertugas alhasil? Di tandai masbro sma konsulen -__- haha tapi gk selamanya kok jadi DM itu mengerikan,, yang gua bilang di atas memang bener tapi.. banyak manfaatnya kalo kita memang bener2 mau ngejalanin fase satu ini..
yah gua kemarin telat balikin LCD jadi harusnya balikin jam 2 jadinya dibalikin jam 3 alhasil nilai attitude 40 :( astagfirullah... 
yah tapi alhamdulilah perlahan lahan kebiasaan buruk pun berubah seiring berjalan nya waktu, Time to move on ...
sekarang gua lagi di stase nyantai, stase tht ya mudah2an di stase ini gua bisa dapat nilai a, ^_^ nanti kalau sempat gua share deh poto2 gua pas di stase THT oke deh gitu dulu ya Assalamualaikum, jangan lupa shalat magrib bagi yang menunaikan..
Read More..
4 comments

Untuk Ikhwan Yang Hendak Ta’aruf sama Akhwat : Hati hati, Anda Sedang Berurusan Dengan Ciptaan-Nya Yang Paling Perasa; Jangan Lukai Mereka

Bismiillaahirahmaanirrahiim
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Prolog : Izinkan aku bicara dari hati seorang wanita, yang mungkin bisa mewakili suara saudari-saudariku, para akhwat pada umumnya...
Tulisan ini dibuat untuk saudaraku para ikhwan, sedikit saya berpesan: Jika antum hendak taaruf dengan seorang akhwat, maka HATI-HATI LAH, karena Anda Sedang Berurusan Dengan Ciptaan-Nya Yang Paling Sensitif dan Paling Perasa,.. Jangan Lukai Mereka !
————————————————————————–

Proses ’ta’aruf’ merupakan suatu proses awal menuju proses selanjutnya, yaitu khitbah dan akhirnya sebuah pernikahan. Memang tidak semua sukses sampe tahap itu. Sang Sutradaralah yang mengatur. Semua adalah skenario dan rekayasaNya. Manusia hanya berencana dan ikhtiar, keputusan tetap dalam genggamanNya. Tapi kita manusia juga diberi pilihan. Hidup adalah pilihan. Mau baik atau buruk, mau syurga atau neraka, mau sukses atau gagal, semua adalah pilihan. Namun tetap Allah Yang Maha Menentukan.
Aku ingin titip pesan pada para ikhwan yang sdh memutuskan hendak melontarkan perkataan ’ta’aruf’ pada seorang akhwat:
Bagi para ikhwan, pikirkanlah baik-baik, matang-matang, dan masak-masak sebelum menawarkan sebuah jalinan bernama ta’aruf. Jangan mudah melontarkannya jika dalam hatimu tak ada komitmen dan kesungguhan untuk meneruskannya. Sebelum benar2 terucap kalimat ‘TAARUF’ ini dari bibirmu, TANYAKAN..TANYAKAN SEKALI LAGI PADA HATIMU, benarkah engkau akan melakukan itu dengan segala konsekuensi da tanggungjawabnya..?? Mengertilah keadaan akhwat. Antum tahu, bahwa sifat kaum hawa itu lebih sensitif. Akhwat mudah sekali terbawa perasaan. Disadari atau tidak, diakui atau tidak, akhwat adalah makhluk yang kadang mudah sekali GeEr, suka disanjung, suka diberi pujian apalagi diberi perhatian lebih.
Jadi saat kata ta’aruf atau mungkin khitbah itu keluar dari lisan seorang lelaki baik dan sholih seperti antum, tak ada alasan bagi akhwat untuk menolak. Karena jika akhwat menolak tanpa alasan yang jelas, maka hanya fitnah yang ada. Jadi, tolong tanyakan lagi pada diri antum, apakah kata-kata itu memang keluar dari lubuk hati antum yang terdalam? Apakah antum sudah memohon petunjuk kepada yang Maha Menguasai Hati? Apa antum benar-benar siap (ilmu, iman, mental, fisik, materi, dll) untuk menjalin ikatan suci bernama pernikahan? Sekali lagi, berhati-hatilah dengan kata ta’aruf. Karena ta’aruf adalah gerbang menuju pernikahan. Pernikahan yg suci dan agung, yang saksinya adalah Allah Yang Maha Melihat dan Para Malaikatnya yg mengamini.
Proses ’ta’aruf’ menuju pernikahan memerlukan sebuah rentang waktu tertentu. Bila diibaratkan ta’aruf adalah pintu halaman rumah antum dan pernikahan adalah pintu rumah antum, kemudian timbul pertanyaan, berapa jauhkah jarak pintu gerbang menuju pintu rumah antum? padahal selama perjalanan akan banyak cobaan menghadang. Bunga-bunga indah di halaman rumah antum bisa membuat akhwat terpesona. Kolam ikan yang indah juga membuat akhwat terlena. Ingin sekali akhwat memetiknya, ingin sekali akhwat berlama-lama di sana menikmati keindahan dan kenikmatan yang antum sajikan. Tapi tidak berhak, karena belum mendapat izin dari si empunya rumah.
Akhwat ingin segera mencapai sebuah keberkahan, tapi di tengah jalan antum menyuguhkan keindahan-keindahan yang membuat akhwat lupa akan tujuan semula. Lebih menyakitkan lagi jika antum membuka gerbang itu lebar-lebar dan akhwatpun menyambut panggilan antum dengan hati berbunga-bunga. Tapi setelah akhwat mendekat dan sampai di depan pintu rumah antum, ternyata pintu rumah antum masih tertutup. Bahkan antum tak berniat membukakannya. Saat itulah hati akhwat hancur berkeping-keping.
Setelah semua harapan terangkai, tapi kini semua runtuh tanpa sebuah kepastian. Atau mungkin antum akan membukakannya, tapi kapan? Antum bilang jika saatnya tepat. Lalu antum membiarkan akhwat menunggu di teras rumah antum dengan suguhan yang membuat akhwat kembali terbuai, tanpa ada sebuah kejelasan. Jangan biarkan akhwat berlama-lama di halaman rumah antum jika memang antum tak ingin atau belum siap membukakan pintu untuknya. Akhwat akan segera pulang karena mungkin saja salah alamat. Siapa tahu rumah antum memang bukan tempat berlabuhnya hati mereka. Ada rumah lain yang siap menjadi tempat bernaung mereka dari teriknya matahari dan derasnya hujan di luar sana.
Mereka tak ingin mengkhianati calon suami mereka yang sebenarnya. Di istananya ia menunggu calon bidadarinya. Menata istananya agar tampak indah. Sementara mereka berkunjung dan berlama-lama di istana orang lain.
Akhi, sebelum ijab qobul itu keluar dari lisan antum, cinta adalah cobaan. Cinta itu akan cenderung pada nafsu. Cinta itu akan cenderung untuk mengajak berbuat maksiat . Itu pasti..! Langkah-langkah syetan yang akan menuntunnya. Kita tentunya tdk mau memakai label ‘ta’aruf untuk membungkus suatu kemaksiatan bukan? Hati-hatilah dengan hubungan ta’aruf yang menjelma menjadi TTM (Ta’aruf Tapi Mesra). Tolong hargai akhwat sebagai saudara antum. Akhwat bukan kelinci percobaan. Akhwat punya perasaan yang tidak berhak antum buat ’coba-coba’. Pikirkanlah kembali. Mintalah petunjukNya. Jika antum memang sudah siap dan merasa mantap, segera jemput mereka.
Dan satu lagi yang perlu antum perhatikan adalah bagaimana cara antum menjemput. Tentunya kita menginginkan kata ’berkah’ di awal, di tengah, sampai di ujung pernikahan bukan? Hanya ridho dan keberkahanNya lah yang menjadi tujuan. Pilihlah cara yang tepat dan berkah. Antum sudah merasa mantap pada akhwat itu. Antum yakin seyakin-yakinnya bahwa dialah bidadari yang akan menghias istana antum. Tapi antum tidak menggunakan cara yang tepat untuk menjemputnya. Sama halnya jika antum yakin dan mantap untuk menuju Surabaya. Tapi dari Jakarta antum salah memilih kendaraan, akibatnya antum gak akan pernah sampai ke Surabaya, malah nyasar. Ato kendaraannya sudah bener tapi nggak efektif. Terlalu lama di perjalanan. Masih keliling-keliling dulu. Akhirnya banyak waktu terbuang percuma selama perjalanan. Jadi, antum juga harus memikirkan cara yang baik/ahsan, tepat dan berkah agar bahtera rumah tangga antum berjalan di atas ridho dan keberkahanNya.
Semoga pesan ini bisa menjadi bahan renungan antum, para ikhwan, calon qowwam kami (para akhwat) dalam mengarungi bahtera rumah tangga Islami yang akan melahirkan generasi penyeru dan pembela agama ALLAH. Akhirnya aku minta maaf, afwan jiddan bila dalam pesan ini ada hal-hal yg kurang baik dan benar..
Akhi, dengarkanlah jerit hati para akhwat ini:
“Aku bukanlah seorang gadis muslimah yang cerewet dalam memilih pasangan hidup. Siapalah diriku ini berani untuk memilih permata sedangkan aku hanyalah sebutir pasir yang wujud di mana-mana.
Tetapi aku juga punya keinginan seperti wanita solehah yang lain, dilamar lelaki yang bakal dinobatkan sebagai ahli syurga, memimpinku ke arah tujuan yang satu..yaitu Ridho Allah Subhanahu WaTa’ala.
Tidak perlu kau memiliki wajah setampan Nabi Yusuf Alaihisalam, juga harta seluas perbendaharaan Nabi Sulaiman Alaihisalam, atau kekuasaan seluas kerajaan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam, yang mampu mendebarkan hati jutaan gadis untuk membuat aku terpikat.
Andainya kaulah jodohku yang tertulis di Lauh Mahfuz, Allah pasti akan menanamkan rasa kasih dalam hatiku juga hatimu. Itu janji Allah. Akan tetapi, selagi kita tidak diikat dengan ikatan yang sah, selagi itu belum ada ikatan yg kuat dan halal, jangan dimubazirkan perasaan itu karena kita masih tidak mempunyai hak untuk begitu. Juga jangan melampaui batas yang telah Allah tetapkan. Aku takut perbuatan-perbuatan seperti itu akan memberi kesan yang tidak baik dalam kehidupan kita kelak.
Permintaanku tidak banyak. Cukuplah engkau menyerahkan seluruh dirimu pada mencari ridha Illahi. Aku akan merasa amat bernilai andai dapat menjadi tiang penyangga ataupun sandaran perjuanganmu. Bahkan aku amat bersyukur pada Ilahi kiranya akulah yang ditakdirkan meniup semangat juangmu, mengulurkan tanganku untukmu berpaut sewaktu rebah atau tersungkur di medan yang dijanjikan Allah dengan kemenangan atau syahid itu. Akan kukeringkan darah dari lukamu dengan tanganku sendiri. Itu impianku.
Aku pasti berendam airmata darah, andainya engkau menyerahkan seluruh cintamu kepadaku. Cukuplah kau mencintai Allah dengan sepenuh hatimu karena dengan mencintai Allah, kau akan mencintaiku karena-Nya. Cinta itu lebih abadi daripada cinta biasa. Moga cinta itu juga yang akan mempertemukan kita kembali di syurga….” Amin ya Rabbal Alamiin.
ATAS NAMA TAARUF
MUNGKIN SALAH SEORANG IKHWAN AKAN BERTANYA…” Mengapa wanita begitu selektif memilih orang yang akan taaruf..”
maka..akhwat akan menjawab:
suami kami nanti kelak akan menjadi pemimpin kami…
akan kami layani kebutuhannya….
akan kami tunggu kehadirannya…
akan kami berikan jiwa kami…raga kami….
bagaimana mungkin kami lalai dalam memilih calon suami…meski hanya dalam rangka taaruf…??
suami kami nanti akan menjadi pembimbing agama kami…penjaga kami…pelindung kami…
bagaimana mungkin kami akan gegabah dalam menentukan pilihan…meski hanya sebatas tukaran biodata..??
mentaati suami kami adalah salah satu jalan kami ke surga…
ketaatan pada suami adalah lambang keshalehan kami….
bagaimana mungkin kami akan cepat memutuskan siapa pilihan kami meski hanya sebatas kata…”baik saya setuju…taarufan…”
ya akhi….saudaraku…para ikhwan….
JANGAN TAWARKAN KEISENGAN ATAS NAMA TAARUF PADA KAMI…!!!!!
KETAHUILAH…KAMI ADALAH WANITA YANG BERBEDA…!!!!!
Akhwat yang mengajukan gugatan ta’aruf…
Tatkala seorang Akhwat susah mencari jodoh atau saat di Tolak ikhwan…
Tatkala Akhwat taarufnya di tolak ikhwan, buang jauh-jauh rasa kecewa, harus siap menerima dengan keikhlasan, kesabaran, qana’ah, beriman dengan qadha Dan Qadharnya Allah..
Ikhwan yang mengajukan gugatan ta’aruf…
Tatkala seorang Ikhwan susah mencari jodoh atau saat di Tolak Akhwat …
Tatkala Ikhwan di tolak Akhwat, buang jauh-jauh rasa kecewa, harus siap menerima dengan keikhlasan, kesabaran, qana’ah Dan beriman dengan qadha Dan Qadharnya Allah..
Kedua fenomena itu banyak terjadi Dan akan selalu terjadi, kita harus bijak menanggapi, kita harus mencari ilmu yang mesti dipelajari.
Yang celaka Adalah hamba penampilan, hamba bangsawan, hamba dinar …
Yang selamat Adalah hamba Allah yang mengutamakan Tauhid Dalam hidupnya.
Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:
Katakanlah: “Sesungguhnya aku telah ditunjuki oleh Tuhanku kepada jalan yang lurus, (yaitu) agama yang benar, agama Ibrahim yang lurus, dan Ibrahim itu bukanlah termasuk orang-orang musyrik.”
Katakanlah: sesungguhnya shalatku, ibadatku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam. (Qs. Al Anaam 161-162)
——————————————
Semoga bermanfaat
wassalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh..

Catatan tambahan dari kami:
Hal di atas bukan untuk menjadikan seorang akhwat justru mempersulit seorang ikhwan yang datang melalui jalur syar'i. Jika memang jalurnya syar'i silakan saja ukhtyfillah. Tapi ingat, hati-hatilah, kuatkan ruh serta mentalmu. Karena akan banyak konsekuensi yang harus anda terima atas pilihan anda menerima tawaran bernama ta'aruf. Ketika proses akhirnya ter-cut di tengah jalan, dan tiba2 ada perasaan tidak enak, itu sesuatu yang wajar dan manusiawi. Tapi bukan sesuatu yang baik untuk dijadikan beban pikiran. Hal itu justru baik dijadikan bahan muhasabah dan motivasi untuk memperbaiki diri. Jangan menyalahkan siapa-siapa. Ada sebuah ungkapan hati yang selalu terpendam di dalam hati,
Diriku bukanlah yang terbaik untukmu
Begitupun dirimu, bukanlah yang terbaik untukku
Karena yang terbaik itu datangnya dari sisi Rabbul 'Alamin
Dirimu tak dipilih bukan karena dirimu tak pantas mendampingiku...bukan
Tapi mungkin, dirikulah yang tak terpilih karena tak pantas menjadi pendampingmu
 Ungkapan hati ini mudah-mudahan bisa menjadikan kita lebih bersemangat memperbaiki diri. Karena salah satu usaha kita dalam menjemput jodoh yang shalih adalah dengan memperbaiki diri. Kita tidak pernah tahu apa yang Allah rencanakan untuk diri kita. Mungkin Allah menyiapkan seseorang dengan nilai A, sedangkan kita masih ada dalam standar nilai C sehingga Allah belum menakdirkan kita bertemu dengannya. Intinya berprasangka baiklah kepada Allah.
Bersabarlah di atas segala cobaan dan tekanan yang ada. Nikah tidak selalu menjadi satu2nya solusi. Apapun kondisi, ujian, tekanan, dan cobaan yang anda hadapi saat ini, tentulah tidak diberikan kepada anda kecuali Allah sangat tahu bahwa anda bisa melaluinya dengan baik. Laa yukallifullahu nafsan illa wus'aha.

Keep spirit, smile, n cheerfull everytime and everywhere.... ^______^ (hmmmppphhhh.....bernafas lega)

Read More..
1 comments

duduk manis, dapet uang ..

pa kabar kwan2 ^^ moga masih di beri nikmat kesehatan oleh Allah SWT, uda lama gk buka blog yang ni, pas di liat2 banyak yg nulis tntg promosiin blog n web nya , well, its okay , yang penting jangan pakai capslock ya nnti di kira lagi marah2 hehe :)

nyambung tentang usaha, sebenarnya saya sedang nyoba usaha baru, ya mudah2an bisa jadi pengganti uang jajan, alias mandiri (wish me luck!)

buat yang mau denger yok sini, saya ceritaiin sedikit ^^

ada beberapa jenis sistem usaha yang skrg banyak di tekunin oleh mahasiswa di kampus, kalau boleh di jadikan opsi ni dia
1. usaha jualan
2. usaha jasa
3. usaha saham

1. usaha jualan

jadi sekarang ini di kampus saya dan temen2 lagi asyik2 nya jualan barang kayak baju, buku kedokteran, alat2 kedokteran, ya sistem usaha yang satu ini lumayan bagus prospeknya karena pasarnya banyak, sapa aja? tentu kawan2 fk di sini, berawal dari 0 rupiah, awalnya saya meminta bantuan kepada orang tua saya untuk meminjamkan modal, jadi dlu waktu awal semester kawan - kawan pada banyak mau minta nitip buku , dari situlah awal mula saya berpikir, "wah kesempatan ni, banyak yang pesan" dari coba - coba jualan kayak gtu jadinya ketagihan ^^ gimana nggak, uang jajan jadi nambah n gak perlu minta banyak2 lgi ma ortu,, anyways apa aja bisa kita manfaatkan lihat dulu kira2 di tempat kita sekarang apa aja yang banyak di perlukan,, nah dari situ baru kita cari cara untuk menjalankanya, oh iya doakan saya ya semester ini rencana mau buka toko buku (aminnnn :))

2. usaha jasa

kira2 apa ya usaha jasa? buanyak kalo yang satu ini, mualai dari angkat barang, sampai jadi asisten dosen, ^^ alahamdulilah saya keterima di salahsatu bidang laboraturium kampus, jadi aja deh asdos, nah kalau usaha jasa ini harus ada bakat dlu, apa aja deh, bisa ngajarin pelajaran kampus, ngajarin eskul yang penting bisa jadi nilai jual, kalau kawan sebelah rumah saya dia jadi pengajar salah satu dojo taekwondo, lumayan juga, tiap malem minggu ada gorengan gratis nangkring di rumah hehe..

3 usaha saham

nah, agak panjang sebenarnya mukadimah di atas tapi postingan satu ini sebenarnya membahas usaha satu ini, jadi gini ceritanya, kan uda dapat *uang jajan* yang lumayan banyak tu dari usaha jualan saya di atas, trus saya sempat bingun, soalnya kalau buku kan tergantung minat pasar, alias kalau banyak yang minta baru ada, kalau gak da ya mesti nunggu, artinya sewaktu2 saya bakalan ada moment *stuck* sejenak, nah kepikiran jadinya ni duit mesti di apain ya? dari situ saya lalu coba cari2 info soal usaha jangka panjang,, akhirnya dapat satu ini, ^^

nama nya mface club, di sini kita beli saham dari perusahaan yang nntinya akan menjadi modal kita untuk meraih keuntungan..
 ni web nya kalau mau di lihat mface.me ^^
hampir sama kayak facebook, tapi lebih kreatif saya lihat, oke disini saya gk bicara soal sosial networknya tapi dari segi benefitnya

jadi disini nanti kita akan membeli saham misalnya, saya sudah membeli saham sebesar 1030 lembar, yaitu seharga 500$ atau 5 juta (minimal 100$ maksimal 5000$) nanti saham saya ini akan di akumulasikan trus menerus apabila terjadi split(penutupan) sebesar 2x lipat..
jadi kalau dimatematika kan jadi gini :
1. 1030x2 : 2060
2. 2060x2 : 4120
3. 4120x2 : 8240

nah lumayan banyak kan ^^ kalau saya perlu uang misal2nya saya bisa aja menjual saham saya tersebut, jadi peraturanya
1. 60% dari saham bisa di ambil
2. 30% dari saham tetap disimpan untuk saham simpanan kita selanjutnya
3. 10% untuk perusahaan (mface.me)

misalnya ni :
saya uda 3x split jadinya kan dapat 8240 lembar, saya menjualnya di kurs saham tertinggi (terendah 0,22 tertinggi 0,44) jadinya 8240x0,44 : $ 3625 , nah dari sini saya ambil 60% untuk saya (lihat peraturan di atas) jadinya 3625 x 60% : $2175 lembar nah ini nnti kita kaliakan dengan 9000 dapetnya 19.575.000 ^^ yang awalnya 5 juta loh, nah ini dia bisnis yang saya katakan punya keuntungan pasif tinggal duduk manis, tinggal perusahaan aja yang ngolah saham kita, kalau kawan2 mau gabung lihat post saya selanjutnya ya ^^

yang mau discuss soal ini ni cp saya
akbar eka :082361117802
pin bb :291a866a
buat banda aceh kita bisa ketemuan bahas soal ini ^^
Read More..
0 comments

Rangkuman Kuliah dr nasyrusddin


Cerebral Palsy

assalamualaikum,
berikut beberapa bahan dari rangkuman kuliah pakar dengan dr nasyruddin yang telah di bahas dengan beberapa kwan - kawan pd10, silahkan di baca :)

apa itu cerebral palsy?
Cerebral palsy : merupakan kelainan pergerakan postur yang berasal dari lesi nonprogresif pada otak yang immatur

gejala klinis :
1. Paraplegi
2. Monoplegi
3. Double hemiplegi ( lumpuhnya setengah bagian anggota gerak)

etiologi:
1. faktor prenatal(intaruterin)
 a. anoxia (tidak adanya o2)
 b. plasenta disturband ( gangguan plasenta)
 c. Troch (infeksi intauterin)
2.faktor postnatal
 a. trauma lahir
 b. infeksi (sepsis)

bagaimana cara mendekteksi cerebral palsy(CP)?
1. surveylance : dilakukan pleh tenaga gizi, yang melakukan penjaringan berupa :
 a. pemeriksaan fisik :
   *pertumbuhan
   *perkembangan
   *aktivitas, kemampuan neurologik dan motorik
   *kemampuan bicara, melihat
 b. pemeriksaan refleks : cenderung meningkat pada CP
 c. pemeriksaan tonus : bisa meningkat, bisa menurun
 d. pemeriksaan lab : USG dan MRI (berfungsi melihat lesi di intrakranial)
 e. lakukan denver test
 f. observsi interaksi anak dengan orang tua
 g. observasi pendidikan dan interaksi teman sebaya

apa saja pemeriksaan untuk CP?
1. Spinal exam
utuk anak usia 2 - 6 bulan
pemeriksaan dimana anak dibaringkan pada tempat yang datar dan di berikan ransangan pada plantar kaki anakm dikatakan (+)(CP) apabila terdapat respon gerakan pada anak tersebut

2.Brain exam
untuk anak usia 4 - 6 bulan
beberapa macam pemeriksaan brain exam yaitu :

 a. Tonik reflek asimetri : pemeriksaan dikatakan (+)(CP) dimana sewaktu kepala anak dimiringkan akan mengakibatkan ekstensi pada lengan searah dengan arah kepala dan fleksi nya lengan yang kontra lateral dengan arah kepala
b. Simetri tonic neck 1 : pemeriksaaan dikatakan (+)(CP) dimana sewaktu kepala di ventrofleksikan tangan anak akan fleksi dan ekstensor pada kaki akan menurun
c. Simetri tonic neck 2 : Pemeriksaan dikatakan (+)(CP) dimana sewaktu kepala di ekstensikan maka kedua tangan akan juga akan ekstensi dan fleksor pada kaki akan menurun

3.Mid brain exam

a. neck righting
untuk usia 1 - 6 bulan hasil yang didapat + (apabila kurang atau lewat usia tetap (+) maka dapat disimpulkan CP)
pemeriksaan dikatakan sewaktu kepala dimiringkan maka badan anak akan ikut mirip serah dengan arah kepala 
b. Positive supporting reaction
untuk anak 5 bulan keatas apabila + disimpulkan normal
Pemeriksaan berupa anak di angkat dan di berikan posisi steping, + apabila si anak seolah olah melangkahkan kakinya
c. Righting reaction
pemeriksaan terkhir dimana apabila melihat kelainan apakh terdapat di otot perifer

Bagaimana cara menilai perkembangan?
ada beberapa cara menilai perkembangan , yaitu
1. gross motorik (motorik kasar)  : apabila si anak berhasil melakukan kegiatan seperti naik turun tangga atau berjalan secara sempurna
2. Fine motor (motorik halus) : apabila si anaka berhasil melakukan gerakan halus yang butuh perencanaan seperti main piano dan menari
3. Languange :  apabila si anak memiliki kemampuan berbahasa yang baik
4. Sosial :  menilai interaksi sosial si anak dengan lingkungan berupa memberikan hasil kreativitasnya untuk masyarakat banyak

itu dlu hasil belajar kali ini, mudah2an berguna bagi kawan2 semua :) 


                                   image : suasana belajar bersama blok 14
Read More..
0 comments

Forgive me

Seorang selebriti terkenal di negeri ini, tertangkap menggunakan narkoba.
Cercaan dan dukungan mengalir padanya.
Selebiriti yang menggunakan barang haram, selalu menjadi berita utama di media massa.
Apalagi, bila selebriti tersebut terkenal dengan berbagai kegiatan sosialnya yang sangat berlawanan tentunya dengan kisah  ia tertangkap karena penyalahgunaan obat obat terlarang.
Dan, tak heran jika orang ramai mengikuti sidang pengadilannya.

Dosa yang terungkap dan dibeberkan pada masyarakat secara luas memiliki pengaruh yang luar biasa.
Bagaimana dengan dosa yang tak terungkap?
yang tersembunyi di dalam relung hati kita masing masing?
Seberapa besar pengaruhnya ?
Apakah orang yang berbuat dosa juga menyadari bahwa ia berdosa ?
Pernahkah terpikir untuk langsung melakukan taubatan nasuha ?
Pengadilan seperti apakah yang akan membuktikannya sebagai dosa ?
Iri hati, ketamakan, kesombongan, pikiran kotor, berburuk sangka, kebencian, dendam dan sederet dosa lainnya.
Siapakah yang akan menjadi hakim atasnya?
Tidak ada pengadilan atau negara di muka bumi ini yang mengatur hukuman bagi sebuah hati yang iri atau menyimpan kebencian.
Karena, kita dapat menyimpan dosa dosa tersebut dengan rapi – sangat rapi malah – sehingga kita bisa tampil dengan dua wajah.
Wajah yang penuh dosa dan wajah ramah nan mulia ketika harus beribadah di tempat ibadah.
Tuhan lah yang akan menjadi hakim bagi setiap dosa yang tersimpan rapi ini.
Karena Tuhan menghendaki agar kita mensucikan hati kita, sebelum ia mengeras dan membatu.
Sebelum penyakit hati ini menggerogoti kita menuju kematian yang sia sia.
Dosa dosa yang hanya Tuhan dan kita saja yang tahu.
Tuhan pun telah menyediakan sarana untuk kita, yaitu dengan taubatan nasuha.
Lantas, apalagi yang kita tunggu??

Read More..
0 comments

Farewell Rhamadan

sekali lagi, pertemuan dengan rhamadan, sekali lagi bertemu dengan penghujung yang bernama syawal, terpikir oleh ku, sungguh cepat waktu dan umur yang di berikan Allah , maaf kawan, bukanya saya tidak mau bersyukur, tetapi di moment rhamadan ini, sungguh banyak kenangan manis yang tidak bisa saya lupakan

mulai dari awal rhamadan, yang dengan giat2nya mengikuti pengajian dan bahu membahu bersama kawan kawan di pesanteren kilat SMA N2 medan, buka puasa bareng dengan kawan kawan lama, berkumpul dengan keluarga besar, sampai bermunajat , bertafakur, beri'tikaf di masjid bersama sahabat sahabat dan lainya.

terlalu cepat bagi saya mengatakan "selamat datang bulan syawal!" karena hati ini masih belum sudi melepas bulan penuh rindu. sungguh kalau bisa saya ingin kembali ke awal rhamdan, berjumpa kembali dengan kehangatan dalam mengingat Allah saya akan kembali kesana, tapi apa daya , Allah maha bijaksana, memberikan kita hanya satu bulan, agar kita dapat terus mempersiapkan diri untuk berjumpa kembali kepadanya, dapat selalu bersyukur dengan kedatanganya

selamat jalan bulan penuh barakah, 70 x lipat Allah tambah bobot pahala di dalam harimu, Allah gantikan pahala sunnah menjadi pahala wajib, dan Allah berikan lailatul qadar "bulan 1000  bulan" di malam mu sehingga aku dan saudara saudara ku terus bermunajat dalam dalam keheningan malam agar dapat menjumpainya 

selamat jalan Rhamadan, terima kasih telah rela mengunjungi ku, begitu senang atas kenangan indah yang ku dapat dalam hari hari mu, mudah mudahan Allah masih memberikan jalan dan umur bagi ku agar dapat bisa berjumpa dengan mu lain waktu



"Ya Allah sesungguhnya aku menuntut segala kebutuhan ku demi mu dan dari mu, sementara orang orang telah mencari keperluanya kepada sesama manusia. Sungguh aku tidak menuntut semua kebutuhan ku selain kepada Mu, Wahai Dzat yang tunggal, tidak ada seorangpun bersekutu dengan Mu, agar engkau curahkan shalawat kepada nabi Muhammad dan keluarga Muhammad, dan Engkau anugrahkan kepada Ku kesempatan memnunaikan ibadah haji ke Baitullah al - Haram pada tahun ini sebagai yang magbul, dan iklash semata mata karena Mu yang denganya Engkau sejukkaanlah mata ku dan Engkau peliharalah kemaluanku dan tahanalah denganya dari melakukan hal hal yang Engakau haramkan. Sehingga tidak ada yang lebih aku utamakan selain ketaatan dan kehusyukanku kepada Mu serta amal amal yang Engakau sukai, dan meninggalakan segala yang engkau larang dan engkau murkai.

Ya Allah, aku memohon kepada Mu agar engkau wafatkan daku dalam kesyahidan di jalan Mu dan dibawah naungan panji Nabi Mu bersama para kekasih Mu. Demikian pula aku berharap padamu agar di karuniai kekuatan untuk melawan musuh musuh Mu . Aku mengharapkan pula kemuliaan dari Mu anugerah kemuliaan kekasih Mu. Cukuplah Engkau sebagai satu satunya penolong bagi ku."

video renungan bersama

 Minal aidin wal faizin, mohon maaf saudaraku atas kesalahan ku selama ini :)
Read More..
2 comments

Buah segar untuk sahur


Berpuasa berarti tidak makan dan minum selama kurang lebih 14 jam.
Karena tidak minum seharian, maka kehilangan cairan tubuh tidak tergantikan.
Untuk menghindari dehidrasi, maka beberapa hal yang terkait dengan pola makan perlu diperhatikan, seperti menambah buah buahan segar kedalam menu sahur kita.

Buah buahan tertentu khususnya yang banyak mengandung air bisa membantu menjaga kecukupan cairan selama berpuasa sepanjang hari.
Seperti ; melon, semangka, ketimun dan tomat, termasuk buah buahan yang dianjurkan dikonsumsi untuk sahur dan berbuka puasa.
Selain banyak mengandung air, buah buahan tersebut juga mengandung mineral untuk menjaga keseimbangan elektrolit tubuh.
Namun demikian, unsur yang paling penting untuk mencegah dehidrasi tentu saja air.
Air putih paling dianjurkan.
Sementara kopi dan teh dikurangi, karena mengandung kafein yang bersifat diuretik yaitu meluruhkan kencing.
Meski harus mencukupi kebutuhan air sepanjang hari, bukan berarti harus minum air putih banyak banyak saat sahur atau berbuka, air putih yang dikonsumsi memang harus banyak, namun bukan sekaligus , tapi secara teratur dan bertahap sepanjang malam.
Semoga Bermanfaat.
Read More..
 
;