1 comments

Panduan Memilih Wahana Intership Dokter Indonesia

Siapa yang tidak mau mendapatkan wahana intership yang menarik? Banyak mendapatkan insenda? Ataupun tempat wahana intership yand dekat dengan tempat wisata? Atau mau dekat dengan keluarga? Tentu pada mau semua kan? Tapi persaingan dalam memilih wahana internship ini tidak mudah, ada yang menemepuh dengan jalan duduk di warnet dari pagi sampai ada yang memesan dari link suatu web baik itu legal ataupun illegal. Disini saya akan membahas secara rinci dan InsyaAllah akan tetap di update apabila nantinya ada infomasi terbaru terkait ini

Berikut tips and tricks mengenai panduan memlih wahana intership:

Membuat rencana untuk memilih wahana
Ketika wahana internsip diumumkan oleh KIDI, sobat-sobat harus langsung segera membuat daftar wahana untuk plan A, plan B, plan C, plan D, dst. Tujuan membuat "planing" wahana ini adalah untuk mempermudah dan mempercepat saat pemilihan wahana nanti


Usahakan minimal sobat-sobat sudah memiliki 5 daftar wahana yang akan dipilih. Jika sobat-sobat gagal memilih wahana yang diinginkan, langsung segera pilih wahana selanjutnya yang tertera di daftar yang sudah sobat-sobat buat. Misalnya jika gagal memilih wahana A, sobat-sobat jangan langsung berkecil hati, segeralah langsung pilih wahana B tanpa basa-basi. Jika wahana B gagal, langsung segera memilih wahana C, dst.

Ingat! Sobat-sobat sedang bersaing dengan ribuan orang lainnya yang ingin mendapatkan wahana favorit. Oleh karena itulah, kecepatan memilih memegang peran penting dalam mendapatkan wahana favorit. Sobat-sobat jangan sampai ragu saat memilih. Jika gagal memilih wahana internsip A, langsung bersegeralah memilih wahana B, dst.

Lokasi dan persebaran penyakit di wahana internsip
Salah satu hal yang sering lupa dipertimbangkan oleh sobat-sobat yang akan pergi internsip adalah masalah lokasi dan persebaran penyakit. Bagian ini penting sekali dipertimbangkan karena nanti sobat-sobat akan tinggal di wahana internsip selama 1 tahun.

Untuk masalah geografis, berikut adalah pertimbangan yang bisa sobat-sobat pikirkan:
  • Pertimbangkan untuk memilih wahana yang jauh dengan gunung merapi yang sedang aktif. Jika dekat gunung merapi aktif, dikhawatirkan saat internsip sedang berjalan, tiba-tiba gunungnya meletus.
  • Pertimbangkan untuk tidak memilih wahana di daerah yang sering mengalami kebakaran hutan dan kabut asap. Dikhawatirkan nantinya bisa menganggu aktivitas maupun kesehatan sobat-sobat.
  • Untuk masalah iklim, berikut adalah pertimbangan yang bisa sobat-sobat pikirkan:
  • Bagi sobat-sobat yang memiliki alergi, pertimbangkan untuk tidak memilih wahana internsip di daerah pegunungan yang dingin atau di daerah berdebu.
  • Pertimbangkan untuk memilih wahana ditempat yang tidak banjir ketika musim hujan.
Untuk masalah penyakit, sobat harus mempertimbangkan untuk masuk kedalam wahana yang masih ada penyakit endemik seperti malaria yang ada di bagian papua, jangan mengangap remeh soal persebaran penyakit ini karena pada awal tahun 2017 ada peserta intership yang meninggal karena penyakit malaria serebral. Tapi jika sobat mau mengabdi di daerah tersebut jangan lupa untuk meminum obat profilaksisnya ya

Searching mengenai lokasi wahana internsip
Jika sobat  masih bingung membuat daftar wahana, sobat-sobat bisa searching terlebih dahulu mengenai wahana-wahana internsip di Google. Lokasi wahana intership ini pun berbeda pada tiap periode (Februari-Mei-Oktober). Untuk bulan Februari tahun 2017 saja terdapat 387 wahana intership yang dibuka, berikut pdf wahana tahun 2017
Tanya kepada yang sudah internsip mengenai wahana yang akan dipilih
Selain searching, sobat-sobat juga bisa bertanya kepada mereka yang sudah pergi internsip. Tanyakan semua pertanyaan yang ingin sobat-sobat tanyakan. Bagaimana situasi dan kondisi di wahana, dapat insentif atau tidak, masyarakatnya bagaimana, Oh iya, uang dari BHD (bantuan biaya hidup) Indonesia bagaian barat dan tengah itu beda pemberiannya, WIB uang yang di dapat sebanyak Rp.3.080.000 sedangkan WITA dan WIT Rp.3.680.000 belum di tambah dengan insenda
  • Dari yang saya dengar tempat insenda paling tinggi itu di Timika papua (tapi malaria) pengahasilan bisa sampai 6 jutaan lebih
  • Dan tempat yang paling tinggi jasa medisnya itu di jenoponto Sulawesi selatan penghasilan bisa sampai 6 sampai 7 juta
  • Tempat yang dokternya sangat sedikit dan banyak yang membuka praktek sendiri (tapi illegal) seperti simeulu yang ada di aceh, penghasilan bisa sampai 7 juta ke atas
  • Buton, sulawesi tenggara diberikan insenda sebesar 500 ribu rupiah setiap bulannya

Apa saja yang bisa di lakukan di wahana tersebut
Pertanyaan mendasar yang harus di tanyakan ke diri sendiri adalah:
Apa yang mau saya cari di wahana tersebut?
Berikut ada beberapa poin yang menajdi motivasi sobat-sobat saya dalam mencari wahana
  • Jauh atau dekat dari rumah sendiri.
  • Biaya hidup di daerah internsip nanti.
  • Rumah dinas atau rumah kos
  • Mendapat uang insentif tambahan atau tidak.
  • Adat istiadat dan keramahan penduduk setempat.
  • Daerah konflik atau daerah aman.
  • Lokasi pariwisata di sekitar wahana internsip.
  • Lokasi geografis dan iklim.
Tapi saya sendiri setelah menelaah lebih lanjut terdapat 3 poin penting yang harus di jadikan patokan:

Apakah tempat wahana dapat mendukung kita setelah intership ini selesai?
Maksud saya adalah, apabila kegiatan intership ini telah selesai, apakah tempat wahana dapat mendukung kita dalam melanjutkan pendidikan? Apakah lokasi wahana dekat dengan universitas negeri yang kita ingin masuki setelah intership? Sobat- sobat harus memiliki acuan sebelumnya setelah intership mau ngapain, apakah mau kerja dulu atau mau lanjut pendidikan. Apabila mau langsung lanjut pendidikan, saran dari saya pilihlah wahana yang dekat dengan universitas yang diinginkan, jadi apabila ada waktu kosong, sobat dapat magang di universitas tersebut, jangan takut, magang kayak gini banyak yang di bayar kok, pengalaman dari yang saya alamin nanti di bayar sekitar 1 sampai 3 juta

Apakah tempat wahana intership cocok bagi sobat yang ingin mendapatkan pengahasilan lebih?
Saya tidak membahas mengenai insenda disini, tapi tanya dengan hati kecil kawan-kawan, kalau ke tempat wahana yang sedikit populasi orangnya, sedikit daya tampung beli apakah cocok bagi kawan-kawan untuk bisa membuka usaha lain?
Banyak dari sobat dokter intership selain melakukan pengabdian dokter, mereka juga membuka usaha lain, mulai dari makanan sampai pakaian dan jasa. Well why not? Kita sudah tidak kuliah lagi, sekarang waktunya masuk ke real world dan saatnya berkerja

Bagaimana jam kerja dan situasi kerja pada wahana intership?
Jam kerja dari wahana intership ini sendiri berbeda-beda, ada yang cuman 3 jam sehari ada juga yang 24 jam sehari, ada yang jaga malam dan ada juga yang tidak, ada yang fokus dalam setiap minggunya membuat morning report dan ada juga yang tidak, sobat harus menentukan mau masuk ke yang mana, saran saya masukilah wahana intership yang sobat-sobat sanggup mengikutinya. Apabila passion sobat ingin terus mengasah ilmu, masukilah wahana yang ada morning reportnya, apabila sobat ingin wahana yang santai, masukilah yang sedikit jam kerjanya, gpp kok itu semua hak pilih dari sobat-sobat sekalian


Baca dulu panduannya sebelum memilih wahana
Sebelum memilih wahana, sobat-sobat harus membaca tata cara memilih wahana pada panduan yang disediakan oleh KIDI dalam format pdf. Sobat-sobat harus mengingat bagian mana yang harus di klik dan bagian mana yang harus diisi ketika memilih nanti. Untuk men-download panduannya, silahkan buka link berikut

Tujuannya dari membaca panduan ini adalah agar sobat-sobat bisa lebih cepat dalam memilih wahana nanti. Selain itu, jika sobat-sobat grogi, gugup, atau tegang saat waktu memilih nanti, sobat-sobat tidak akan salah klik karena sudah memiliki bayangan bagian mana yang harus di klik dan bagian mana yang harus diisi.

Persiapkan koneksi internet
Sebelum memilih wahana nanti, sobat-sobat harus stand by ditempat dengan koneksi internet yang bagus. Usahakan sobat-sobat menggunakan jaringan internet berkecepatan tinggi dengan PING stabil. Untuk pembahasan lebih lanjut mengenai masalah ini, silahkan buka link berikut: Tips dan Trik Mengoptimalkan Koneksi Internet Saat Memilih Wahana Internsip.

Saya kemarin menggunkan koneksi indihome yang ada di rumah sendiri dan itu juga luar biasa lamanya pada 15 menit pertama, tapi itu bukan saya saja teman-teman yang memilih tempat di warnet juga mengalami hal yang sama, jadi gk usah repot-repot sewa warnet untuk memilih wahana, cukup pakai indihome yang ada di rumah sendiri aja itu udah bagus kok. Setelah 15 menit tersebut jaringan saya aman-aman saja. Atau kalau tidak ada indihome, menggunakan hotspot wi-fi hp juga bagus asal yang di pakai jaringan 4g dan pastikan bar jaringan nya penuh ya

Oh iya, pada saat memilih jangan grogi, sobat saya ada yang grogi jadi nya kebanyakan ngeklik gak sabar, akhirnya malah terpilih wahana yang tidak di inginkan, ingat! Apabila sudah terpilih, wahana tersebut tidak bisa lagi di cancel kecuali kalian memiliki alasan untuk melakukan dispensasi di kemudian harinya

Mau cara belakang?
Yah beginilah Indonesia, karena banyak peminat untuk memlih jadi ada aja cara lain yang lakukan oleh oknum-oknum tertentu, seperti website klik iship ini. Di website ini kita di berikan pelayanan untuk mendapatkan wahana yang diinginkan apabila bersedia mengeluarkan uang beberpa juta. Nanti sobat-sobat akan di arahkan oleh bang admin melalui social media seperti line untuk memilih wahana yang di ingikan, apbila masi tersedia maka wahana tersebut akan menjadi milik sobat, tapi apabila sudah banyak yang memilih maka sobat di arahakan ke wahana lain. Mungkin ada pertanyaan :

Dok, itukan illegal?

Iya memang, sama halnya seperti suap, dimana semua orang harusnya bisa mendapatkan kesempatan yang sama, gara-gara ini malah gak bisa.


Tapi itulah media informasi, dari pada kita tutup-tutupin mending kita paparkan secara terbuka agar sobat-sobat bisa mempertimbangkan apakah mau ikut ke jalan yang satu ini atau nggk, tanya aja ke hati kecil sobat masing masing

Nah, itu tadi tips and tricks dalam memilih wahana intership, apabila masih ada yang mau di tanyakan silahkan tulis di kolom komentar.
Semoga bermanfaat.
Read More..
0 comments

Ke banda Aceh? Wajib mengunjungi 7 tempat wisata ini

Pantai Lampuuk

Salah satu pantai yang paling parah terdampak oleh tsunami 2004 silam adalah pantai Lampuuk. Pantai yang dikenal sebagai primadona pariwisata Aceh ini sebenarnya tidak berada di Banda Aceh melainkan Aceh Besar, hanya saja lokasinya cukup dekat dari Banda Aceh yaitu sektiar 20 kilometer saja.


Pantai Lampuuk sangat cocok untuk dijadikan spot berenang dan pemotretan karena ombak lautnya termasuk tenang pada sisi barat dari pantai, dan pada sisi timur terdapat rumah- rumah yang unik serta tebing yang cocok banget bagi sobat yang suka dengan potografi. Pantai ini juga menawarkan berbagai macam hiburan menarik seperti banana boat dan bermain dengan menggunakan jet ski (dulu ada sekarang mudah-mudahan masih ada)

Pantai dengan pasir putih dan ditumbuhi pepohonan pinus yang indah menambah suasana eksotis pantai ini. Gak bakalan rugi kalo nyempatin waktu untuk mampir kesini. Kalo dilihat sepintas keadaan alamnya hampir mirip kaya Pantai Goa Cemara yang ada di Bantul Yogyakarta.

Pantai Lampuuk terletak di Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar. Jarak dari Kota Banda Aceh sekitar 20 kilometer, saya menyarankan kalau mau pergi ke tempat ini dan tidak banyak orangnya pergi saja sabtu pagi atau hari kerja, karena kalau hari minggu pantai ini sangat ramai

Ujung Pancu

Liburan ke Aceh, pastikan sobat juga singgah ke Kawasan Ujung Pancu di Aceh Besar. Kawasan ini menawarkan pemandangan alam yang indah, di mana laut dan bukit menjadi daya tarik utama. Sobat bisa mancing sampai hiking.


Untuk menuju kawasan ini, traveler bisa menempuh perjalanan darat sekitar 20 Menit dari pusat Kota Banda Aceh. Di hari libur, banyak keluarga yang datang ke sekitar kawasan ini untuk berekreasi.
Bagi sobat yang hobi mancing, di sini juga merupakan kawasan favorit para pemancing di sekitar Banda Aceh dan Aceh Besar. Namun bagi yang hobi hiking, di kawasan ini ada rute menuju pantai Lhok Mata'i yang memberikan pemandangan menarik di sekitar perjalanan saat melintasi bukit.

Saya pribadi sering datang kesini berulang kali pada saat weekend untuk piknik, dengan melakukan perjalanan sekitar 20 menit menaiki bukit ke pantai yang dituju, pantainya tergolong bersih dan masih banyak ikan dan biota laut lainnya yang terlihat dari atas pantai

Jika sobat berwisata ke Aceh, jangan lupa untuk mampir ke Ujung Pancu di Kecamatan Peukan Bada, Kabupaten Aceh Besar. Dijamin akan terpesona oleh keindahannya.

Museum Sejarah Aceh

Sobat yang seneng dengan wisata sejarah harus mampir ke Museum Sejarah Aceh. Museum ini menyimpan begitu banyak cerita terkait sejarah perkembangan Aceh dari masa ke masa, termasuk sejarah sebelum Indonesia terbentuk kamu bisa pelajari disini.


Museum Sejarah Aceh terletak di jalan Alauddin Mahmud Syah, Banda Aceh. Didirikan pada masa pemerintahan Hindia – Belanda pada tanggal 31 juli 1915 oleh Gubernur Sipil dan Militer Aceh Jenderal H.N.A Swart.

Gaya bangunan dari museum ini adalah khas dan identik dengan rumah tadisional Aceh atau lebih dikenal dengan Rumoh Aceh.

Koleksi benda bersajarah Aceh bisa kamu temukan di museum ini, salah satu koleksi fenomenal dan sangat populer dari museum ini adalah sebuah lonceng yang telah berusia 1400 tahun.
Lonceng yang diberi nama ‘Lonceng Cakra Donya’ ini merupakan hadiah yang diberikan kaisar China dari dinasti Ming kepada Sultan Pasai pada abad ke – 15.

Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman merupakan simbol kejayaan Ummat Islam di Aceh, selain difungsikan sebagai tempat ibadah, masjid ini juga mampu menarik wisatawan untuk berkunjung ke Banda Aceh.

Masjid megah ini telah mendapatkan predikat ‘Daya Tarik Wisata Terbaik’ dalam kompetisi Pariwisata Halal Dunia di Abu Dhabi, gak cuma wisatawan lokal, wisatawan mancanegara pun kepincut dengan keindahan Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh.


Terletak di jantung Kota Banda Aceh, Masjid Raya Baiturrahman merupakan masjid Kesultanan yang dibangun oleh Sultan Iskandar Muda pada tahun 1022 Hijiyah/ 1612 Masehi, atau sekitar 395 tahun silam

Daya tarik dari masjid ini terletak pada arsitekur nya yang sangat indah dan sudah pasti karena sejarah yang melekat pada Masjid Raya Baiturrahman.

Jika dilihat sejarahnya, masjid ini ternyata pernah di bakar pada masa agresi militer yang dilakukan oleh Belanda pada tanggal 1290 Hijriyah / 10 April 1873 Masehi. Namun, untuk meredam amarah Bangsa Aceh pada masa itu, maka masjid ini dibangun kembali pada tahun 1877.

Sejarah fenomenal yang masih segar dalam ingatan adalah saat terjadi musibah dahsyat tsunami di Aceh yang menewaskan lebih dari 150.000 jiwa, saat itu Masjid Raya Baiturrahman berdiri kokoh ditengah terjangan air laut yang menghancurkan semua yang dilewati.

Kini wajah Masjid Raya Baiturrahman mulai dipoles oleh pemerintah Aceh, kamu yang belum pernah mampir ke masjid ini atau cuma liat – liat dari foto doang bakalan kaget ngeliat penampilan baru dari Masjid ini. Masjid ini sudah beberapa kali di renovasi dan renovasi yang terakhir saya lihat terdapat penambahan "payung" di halaman masjid sehingga masjid ini kelihat hampir sama seperti yang terdapat di Masjid Nabawi yang ada di Madinah

Museum Tsunami Aceh

Museum Tsunami Aceh dibuka pada tahun 2009 dan sengaja dibangun untuk mengenang kisah pilu tsunami Aceh, para korban tsunami dan penghargaan atas negara – negara yang turut andil dalam pemulihan pada masa itu.


Museum tsunami Aceh ini juga dipergunakan sebagai pusat penelitian dan pembelajaran tentang bencana tsunami serta dijadikan juga sebagai pusat evakuasi jika suatu saat bencana yang tidak diinginkan ini kembali lagi.

Selain megah, bangunan indah yang di arsiteki Kang Emil ini memiliki banyak makna dari setiap landscape nya. Misalnya saja, saat memasuki gedung museum bergaya panggung ini kamu harus melewati lorong sempit dan gelap yang berada diantara dua dinding air yang menjulang tinggi. Melaui design ini seakan – akan Kang Emil mengajak kita untuk merasakan suasana menegangkan saat tsunami itu terjadi.

Bangunan ini terdiri dari empat lantai, pada bagian langit – langit gedung ini kamu akan melihat banyak bendera negara – negara yang turut membantu Indonesia dalam pemulihan pasca tsunami, ini merupakan simbol penghargaan yang diberikan kepada mereka.
Museum Tsunami Aceh terletak di pusat kota Banda Aceh, tepatnya di Jalan Sultan Iskandar Muda, berdekatan dengan lapangan Blang Padang dan sektiar 400 meter dari tempat wisata religi Masjid Baiturrahman.

Kapal PLTD Apung

Dahsatnya tsunami Aceh tahun 2004 silam bisa terlihat dari tempat wisata sejarah tsunami yang satu ini. Kapal PLTD Apung seberat 2.600 ton bisa diseret oleh air hingga sejauh 5 kilometer tanpa bantuan mesin kapal. 


Dulunya kapal ini berfungsi sebagai sumber tenaga listrik bertenaga diesel yang menyuplai wilayah Ulee Lheue, tempat kapal ini ngetem waktu itu. Namun, dengan kekuatan alam kapal dengan luas 1.900 meter persegi dan panjang 63 meter dengan berat 2.600 ton, kini kapal ini bersandar di pemukiman warga di Punge Blang Cut, Banda Aceh.

Kapal PLTD Apung kini menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Banda Aceh, selain untuk foto – foto, rasa penasaran bagaimana kedahsyatan tsunami Aceh membuat minat wisatawan semakin tinggi untuk berkunjung kesini.

Kalau mau melihat kisah pilu melalui gambaran foto pasca tsunami pada waktu itu, di sekitar kapal ini juga telah dibangun sebuah ruangan untuk menyimpan berbagai koleksi foto saat kejadian tsunami.

Kapal Di Atas Rumah

Salah satu tempat wisata di Banda Aceh yang unik, menarik dan mematahkan semua logika manusia adalah kapal nelayan yang berdiri gagah diatas sebuah rumah warga. Kapal yang tersangkut di atas rumah ini adalah sebuah bukti bagaimana dahsyatnya tsunami pada masa itu


Kini, selain dijadikan salah satu monumen peristiwa bersejarah di Aceh, kapal di atas rumah ini menjadi salah satu daya tarik tempat wisata di Banda Aceh. Wisatawan tak henti – henti berkunjung ke salah satu monumen tsunami bersejarah ini.

Lokasi wisata kapal di atas rumah ini terletak di daerah Gampong Lampulo, Banda Aceh. Untuk tiba ditempat ini sangat mudah, lokasinya nggak jauh dari Puskesmas Lampulo, tepat di belakang Sekolah Dasar (SD) Coca Cola Banda Aceh.

kalau sobat datang kesini saya sarankan coba datang dan minta di ceritakan dengan warga sekitar terdapat cerita yang unik dimana pada saat tsunami dan beberapa orang yang berada di dalam rumah di bawah kapal itu sebenarnya ditolong oleh kedatangan kapal yang pada saat itu banyak orang yang terperangkap di dalam rumahnya sendiri

Nah itu dia7 tempat wisata yang wajib sobat kunjungi, apabila ada pertanyaan silahkan bertanya di kolom komentar
Read More..
2 comments

Kencing saya kok bernanah dok?

Gonorea

Gonore atau kencing nanah adalah salah satu penyakit menular seksual yang umum dan disebabkan oleh bakteri bernama Neisseria gonorrhoeae atau gonococcus. Pria maupun wanita bisa terjangkit penyakit ini. Bakteri gonococcus biasanya ditemukan di cairan penis dan vagina dari orang yang terinfeksi.

Bakteri penyakit ini bisa menyerang dubur, serviks (leher rahim), uretra (saluran kencing dan sperma), mata, dan tenggorokan.
Gonore paling sering menular melalui hubungan seks, seperti seks oral atau anal, mainan seks yang terkontaminasi atau tidak dilapisi dengan kondom baru tiap digunakan, dan berhubungan seks tanpa menggunakan kondom. Bayi juga bisa terinfeksi saat proses kelahiran jika ibunya mengidap penyakit gonore dan umumnya menjangkiti mata bayi, hingga berpotensi mengakibatkan kebutaan permanen
Bakteri gonore tidak bisa bertahan hidup di luar tubuh manusia untuk waktu yang lama, itu sebabnya gonore tidak menular melalui dudukan toilet, peralatan makan, berbagi handuk, kolam renang, berbagi gelas, ciuman, dan pelukan.

Gejala Gonore

Sekitar 10 persen pria yang terinfeksi dan 50 persen dari wanita yang terinfeksi tidak mengalami gejala sehingga banyak penderita gonore menularkannya kepada pasangan mereka tanpa disadari.
Biasanya lebih mudah untuk mengenali gejala gonore pada pria dibandingkan wanita karena gejala awal pada wanita mungkin sangat ringan atau tidak begitu jelas sehingga sering keliru dianggap sebagai infeksi vagina atau infeksi saluran kemih. Namun demikian, infeksi akan menjalar ke organ panggul wanita jika tidak segera diobati dan bisa menyebabkan perdarahan pada vagina, sakit pada perut bagian bawah, demam, dan sakit saat melakukan hubungan seksual.

Gejala gonore yang sering muncul, baik pada pria maupun wanita, di antaranya adalah saat buang air kecil akan terasa sakit atau perih dan keluarnya cairan kental seperti nanah berwarna kuning atau hijau dari vagina atau penis. Oleh karena itu, penyakit ini dikenal dengan sebutan ‘kencing nanah’.

Diagnosis Gonore

Ada beberapa cara untuk menegakkan diagnosis gonore pada seseorang. Pada hampir sebagian besar kasus, dokter akan melakukan pengujian sampel cairan dari vagina atau penis untuk kemudian diperiksa di laboratorium.

Pada wanita, dokter atau perawat biasanya akan menggunakan cotton bud untuk mengambil sampel cairan di vagina atau mulut rahim. Namun, dokter mungkin juga bisa meminta pasien untuk menggunakan tampon guna mengambil sampel cairan tersebut. Prosedur ini tidak menimbulkan rasa sakit, namun pasien mungkin akan merasa sedikit tidak nyaman.

Prosedur pada pria sedikit berbeda, di mana dokter mungkin akan memeriksa sampel urine pasien untuk kemudian diperiksa hasilnya di laboratorium. Pemeriksaan urine ini kurang akurat hasilnya pada pasien wanita. Selain itu, dokter mungkin juga akan mengambil sampel cairan yang keluar di ujung penis dengan menggunakan cotton bud.

Pengobatan dan Pencegahan Gonore

Menurut WHO untuk mengobati gonorea dapat diberikan 1 jenis suntikan atau kalau takut suntikan dapat diberikan obat tablet, serta menganjurkan agar Anda kembali lagi satu atau dua pekan setelah pengobatan awal untuk pemeriksaan ulang dan memastikan bakteri gonore telah hilang sepenuhnya

Saya sangat menyarankan kepada sobat-sobat sekalian apabila ingin mengkonsumsi antibiotik tersebut sebaiknya konsultasi terhadap dokter terlebih dahulu, agar pas dalam dosis dan jangka lama penggunaan.

Gejala akibat bakteri gonore akan membaik setelah beberapa hari jika dilakukan pengobatan yang efektif dan sesegera mungkin. Tapi jika dibiarkan, bisa menjadi masalah yang serius.

Untuk mencegah penularan pada orang lain atau terinfeksi kembali, Anda dan pasangan Anda sebaiknya tidak berhubungan seks hingga perawatan benar-benar tuntas dan pemeriksaan ulang telah terbukti negatif.

Anda bisa terkena penyakit gonore kembali jika tidak melakukan hubungan seks yang sehat dan aman di kemudian hari. Cara terbaik untuk mencegah infeksi menular seksual adalah dengan tidak berganti-ganti pasangan, tidak melakukan hubungan seksual di luar nikah, dan gunakan kondom jika melakukan hubungan seks.

Nah sobat sudah tahu soal gonorea kan? kalau amsih ada yang mau di tanyakan silahkan saja menulis komentarnya di kolom komentar.
Semoga bermanfaat
Read More..
0 comments

Indahnya memberi

Suatu hari, seorang anak lelaki miskin yang hidup dari menjual asongan dari pintu ke pintu,
menemukan bahwa dikantongnya hanya tersisa beberapa sen uangnya, dan dia sangat lapar.
Anak lelaki tersebut memutuskan untuk meminta makanan dari rumah berikutnya.



Akan tetapi anak itu kehilangan keberanian saat seorang wanita muda membuka pintu rumah.
Anak itu tidak jadi meminta makanan, ia hanya berani meminta segelas air.
Wanita muda tersebut melihat, dan berpikir bahwa anak lelaki tersebut pastilah lapar, oleh karena itu ia membawakan segelas besar susu.
Anak lelaki itu meminumnya dengan lambat, dan kemudian bertanya,
” Berapa saya harus membayar untuk segelas besar susu ini ?”
Wanita itu menjawab: “Kamu tidak perlu membayar apapun”.
“Ibu kami mengajarkan untuk tidak menerima bayaran untuk kebaikan” kata wanita itu menambahkan.
Anak lelaki itu kemudian menghabiskan susunya dan berkata :” Dari dalam hatiku aku berterima kasih pada Anda.”
Sekian tahun kemudian, wanita muda tersebut mengalami sakit yang sangat kritis.
Para dokter dikota itu sudah tidak sanggup menganganinya.
Mereka akhirnya mengirimnya ke kota besar, dimana terdapat dokter spesialis yang mampu menangani penyakit langka tersebut.
Dr. Howard Kelly dipanggil untuk melakukan pemeriksaan.
Pada saat ia mendengar nama kota asal si wanita tersebut, terbersit seberkas pancaran aneh pada mata dokter Kelly.
Segera ia bangkit dan bergegas turun melalui hall rumahsakit, menuju kamar si wanita tersebut.
Dengan berpakaian jubah kedokteran ia menemui si wanita itu.
Ia langsung mengenali wanita itu pada sekali pandang.
Ia kemudian kembali ke ruang konsultasi dan memutuskan untuk melakukan upaya terbaik untuk menyelamatkan nyawa wanita itu.
Mulai hari itu, ia selalu memberikan perhatian khusus pada kasus wanita itu.
Setelah melalui perjuangan yang panjang, akhirnya diperoleh kemenangan.. . Wanita itu sembuh !!.
Dr. Kelly meminta bagian keuangan rumah sakit untuk mengirimkan seluruh tagihan biaya pengobatan kepadanya untuk persetujuan.
Dr. Kelly melihatnya, dan menuliskan sesuatu pada pojok atas lembar tagihan, dan kemudian mengirimkannya ke kamar pasien.
Wanita itu takut untuk membuka tagihan tersebut, ia sangat yakin bahwa ia tak akan mampu membayar tagihan tersebut walaupun harus dicicil seumur hidupnya.
Akhirnya Ia memberanikan diri untuk membaca tagihan tersebut, dan ada sesuatu yang menarik  perhatiannya pojok atas lembar tagihan tersebut.
Ia membaca tulisan yang berbunyi..
” Telah dibayar lunas dengan segelas besar susu…….” 
tertanda, DR Howard Kelly.
Air mata kebahagiaan membanjiri matanya
Ia berdoa :” Tuhan, terima kasih, bahwa cintaMU telah memenuhi seluruh bumi melalui hati dan tangan manusia”
Read More..
1 comments

Masuk kedokteran, Rasionalkah?

Alhamdulilah, akhirnya dapat juga gelar dokternya, wah rasanya 2 tahun nge-Coass dan 4 tahun kuliah itu bukan main rasanya, terima kasih nyak dan babe yang udah nyekolahin anaknya ini jadi dokter, Insyallah ilmu yang udah ada bakalan adinda pakai untuk kepentingan keluarga dan masyarakat.

wah banyak ni yang mau saya share..

mulai dari mana ya?

karena ini edisi penutupan dari pendidikan dokter, saya uraikan aja deh gimana awal sampai akhir saya berada di lingkungan kedokteran ini kawan kawan kalau mau nanya monggo dipersilahkan
nanti akan saya jawab sebisa saya
Saat berjalan menuju rumah sakit
oke jadi kita mulai ya, siap? pake sabuk pengaman jangan lupa (lol)

Pengalaman kuliah 
Awalnya sebelum saya masuk ke kedokteran itu dimulai dari SMA, karena masuk ke bidang IPA di kelas 2 SMA jadi otomatis wilayah kuliah saya maunya nnti di dbidang IPA juga, (ya setidaknya itu yang saya pikir dlunya)

setelah saya masuk ke dunia kuliah ternyata tidak seperti itu, bnyak kok anak IPA masuk ke bidang IPS kayak Ekonomi, Akutansi, Stan, STIS, dan mereka pada mumpuni semua, kenapa saya tau? karena teman2 akrab saya waktu SMA pada masuk ke sana semua
Tapi karena tekad, di keluarga belum ada dokter, keluarga besar juga belum ada, maka saya mencoba untuk masuk ke dunia ini. Alhamdulilah, waktu ujian UMB (ujian masuk bersama) yang di adakan di Universitas Metodist medan (waktu itu ujianya disitu) saya dinyatakan lulus.

Tapi tau gk apa masalahnya? 

Masalahnya itu saya ngepilih tempat di Banda Aceh dalam pikiran saya, "Mau tinggal dimana nanti?" keluarga disana nggak ada, temen juga gk ada. Kalau nggak salah saya milih Banda Aceh karena ingin pendidikan agama saya juga terjaga, tapi pas sudah di terima saya bingung. Alhamdulilah berkat pertolongan Allah, saya bertemu dengan teman saya yang kebetulan ngambil fakultas Kimia di Unsyiah, akhirnya bareng nebeng dengan keluarganya ke Banda Aceh dan sama2 mencari tempat kos.

Pelajaran pertama : Jangan takut menghadapi tempat baru, karena jika Allah mengizinkan pasti kita di bantu

Tahun pertama saya disana sangat membuat hati saya jenuh di Banda Aceh itu gk ada mall dlunya, bioskop juga gak ada, yang ada cuman warkop, banyanginlah saya yang dulunya tinggal di Medan sering bgt jalan2 sama nonton bioskop, sampe sana cuman tebengong aja di kamar gk tau kemana. 
Hampir setiap 2 bulan saya balik ke medan karena kejenuhan hati yang saya rasakan, tapi itu semua perlahan-lahan menghilang sendirinya

Tapi disana walaupun gak ada mall atau bioskop, tempat wisatanya banyak loh! kayak pantai lampuuk, pasir putih dan sabang, nanti di post lain saya bakal cerita soal ini

Tahun pertama juga dsna ada pengenalan, tapi mantapnya FK UNSYIAH ini gk ada Ospek... beneran ni, gk ada! ^_^ jadi karena itu beban masuk perkuliahan agak sering berkurang. 

Selama tahun pertama dan tahun kedua kami semua mahasiswa FK Unsyiah di fokuskan buat belajar-belajar dan belajar, semua serba mandiri. Jadi bener kalau di bilang Kuliah itu beda sama SMA. SMA mah kita di suap sama pelajar, pas kuliah? ya cari sendiri. Itu dosen manada nyuruh2 banget buat belajar

Di FK ini juga banyak bener buku-buku yang harus di baca (beneran) jadi kalau kamu gk suka baca, saran saya jangan masuk FK deh, sayang ntar gk bisa ngikutin kuliahnya. Tapi, buat kamu yang seneng baca tapi gk da uang buat beli buku, itu gk masalah. Perpustakaan FK dan Universitas banyak bener buku-buku bagus, jadi kamu gk perlu beli.

Oh iya nanti pas awal-awal masuk FK ada aja tu yang jualan CD atau buku kesehatan, saran saya jangan beli semua satu paket. Satu-satu aja, jadi tau mana yang penting dan enak di baca. Well, gk semua buku kedokteran itu bagus, jadi perlu jeli juga buat milihnya

Pelajaran kedua : Everything is up to u, kamu mau pinter, mau malas mau bodoh (maaf) semua terserah sama pribadi masing-masing, saran saya prioritaskan belajar

Tahun ketiga kami semua sudah mulai ada penerimaan asisten dosen dan alhamdlulilah saya keterima sebagai asisten dosen Histologi Fk Unsyiah, selain bisa ngajar dan ngulang2 ilmu, jadi asisten dosen ini juga di bayar, jadi bisa nambah-nambah uang jajan. 

Tahun ke empat kami sudah di fokuskan untuk proposal dan skripsi. Skripsi itu ibarat terminal akhir kuliah, tapi ngerjain awalnya wadeh, malas banget karena gk tau mulai dari mana. Walaupun ada juga materi dari kampus seputar gimana cara nyelesaikan skripsi. Saran saya kalau skripsi ini banyak2 nanya dosen sama senior dan jangan dipendam2 mulu ntar gk bakalan kelar. Alhamdulilah karena temen seperjuangan asisten dosen histo pada rajin-rajin semua, saya juga ikut-ikutan dan bisa nyelesaikan skripsi dalam waktu 5 bulan.

Pelajaran ketiga : Kalau malas deket2 sma orang yang rajin, Insyallah bakalan ikut-ikutan rajin

Akhirnya setelah empat tahun kuliah, saya Koas juga (Horay!)

nah jadi kawan bisa ngerangkum ni empat tahun kuliah, belajar abis2an, biaya yang banyak buat beli buku dan materi kuliah, kalau sanggup silahkan masuk kedokteran. Kalau nggak sanggup, mikir2 dulu deh jangan nnti uda nyemplung tapi gk bisa berenang. hehe

Pengalaman Koas (dibaca Ko-As)

koas, huft, kata-kata ini berat, beneran, karena selama fase ini kami dituntut buat jadi ajudan dokter dan mengerjakan tugas harian yang bisa dimulai dari jam 6 pagi sampai jam 6 pagi selanjutnya.

koas itu beda banget sama kuliah, mulai dari cara belajarnya, cara makannya, cara mandinya, cara bangunnya, pokoknya beda deh, jadi tubuh disuruh bikin irama sinkardian baru (bingung ya? lol) kenapa saya bilang gtu? di koas itu susah banget mau ngapain aja, karena mulai dari pagi smpe selesai ada aja tugas

jadi saran saya sebelum masuk koas, mantepin tu materi2 di kuliah, trust me kuliah itu bekal kamu bener buat fase ini, di koas ini juga mental kalian di tempa, gk cuman jadi dokter sama belajar yang di latih disini, di beberapa bagian kamu tu tidak boleh tidur kalau bertugas, contohnya kalau jaga igd di bagian bedah. Kalau uda jaga, siap2 lah di bgian itu kamu pasti bakalan mata panda

pada fase awal koas ini saya sangat menyarankan buat kamu-kamu untuk mencari temen-temen yang loyal, cari yang pinter satu dua orang aja gk perlu banyak, kenapa? karena kalau temenya gk pas bakalan cekcok nntiya waktu bertugas, gk semua tugas koas itu bisa di kerjakan satu individu, terkandang perlu bantuan dari orang lain, banyangin aja pas kamu jaga ruangan, kamu disuruh manggul satu orang koas ke IGD buat cek pasien sama konsulen, kalau kawan kamu ngaco kayak BB (buang badan ; ilang gk tau kemana dianya) sapa coba yang ke IGD? kalau telat kena marah ntar sma konsulen, makanya mesti bener-bener cari temen

Pelajaran ke empat : Prioritaskan cari temen yang loyal, bukan pintar

nanti waktu koas kami bakalan masuk ke stase ini:
--kulit
--paru
--jiwa
--jantung
--bedah
--tht
--mata
--obgyn
--anastesi
--forensik
--saraf
--radiologi
--ipd
--anak

nanti bakalan di rolling sama dokter penanggung jawab koasnya, jadi kita gk tau kita nanti masuk dimana, prinsipnya sama, dimana pun kita masuk, mesti bisa!

tapi di koas inilah jiwa seorang dokter itu dibentuk, seseorang nggk akan bisa memahami bagaimana berempati dengan pasien kalau belum masuk ke fase ini, sewaktu kuliah kami cuma diajarkan tapi belum tau apa itu empati

di fase ini juga seseorang dibentuk sedemikian rupa agar bisa rendah hati, tidak sombong serta memprioritaskan kesehatan masyrakat dibandingkan diri sendiri

jadi kalau ditanya koas itu perlu? jelas perlu gk ada koas individu itu gk akan bisa menjadi seorang dokter yang diinginkan masyrakat, karena nempah mental itu gk bsa sehari dua hari, 2 tahun itu saya rasa sudah cukup agar bisa menanamkan jiwa2 kemanusiaan

selama koas juga kamu dituntut mesti baik secara perfomance dan juga attitude keduanya memiliki peran penting mengenai nilai kamu ntar. Ingat! kalau gk lulus kamu mesti ngulang stase itu di akhir stase nantinya, artinya 2 tahun nge-koas baru bisa ngulang, jadi kalau bisa jangan sampe ngulang

akhirnya setalah ngekoas lama, saya dihadpkan dengan UKMPPD (Ujian Kompetensi Pendidikan Profesi Dokter), fase ini juga penting, karena kalau gak lulus koas tadi gak bisa praktek, karena belum di akui oleh IDI melalui ujian ini

Ujian ini juga banyak tantanganya, beberapa dari kami memilih les di tempat lain untuk mengulang-ngulang pelajaran seputar ilmu kedokteran

kalau saya kemarin les di klinik UKDI Banda Aceh, bukan mau promo, tapi bagus kok materinya, soalnya pelajaran-pelajaran yang dikasi ngulang materi dari awal. 

Selama kurang lebih 2 bulan hidup saya diprioritaskan untuk melahap semua ilmu kedokteran yang saya pelajari selama 6 tahun, bangun baca buku smpe sore, malam bahas dengan temen-temen seputar soal-soal yang bakalan keluar sampai akhirnya ujian UKMPPD berlangsung

Nah coba rasain dan resapin,, jalan dokter ini panjang, 6 tahun pendidikan dulu baru bisa dokter, pertanyaanya sekarang sampe sini sanggup? kalau sanggup silahkan masuk, kalau nggak dan orang tua punya duit, bagusan masuk ekonomi aja jadi pengusaha. Mudah2an kalau kamu merasa sanggup, oritentasi kamu gk soal duit, karena nanti kamu bakalan kecewa dengan gaji yang kamu dapat setelah kamu jadi dokter umum, kecuali dokter umum yang mau di tempatin di wilayah pinggiran, yaitu bagian perbatasan Indonesia, Indonesia bagian tengah dan Indonesia bagian timur.

Nah itu seputar dunia kedokteran yang sudah saya rasakan, cuman itu aja dok?
nggak donk, masih panjang, apalagi pengalaman koasnya
kalau mau tau lebih tau, silahkan taruh komentar anda di bawah ini ...



Read More..
 
;